Rabu, 27 November 2013

86 TULISAN SOFTSKILL "EMPAT FASE MENDIDIK ANAK ALA RASUL"

EMPAT FASE MENDIDIK ANAK ALA RASUL


Mendidik bukanlah perkara mudah, karena mendidik bertujuan untuk merubah perilaku seseorang (anak) dari tidak baik, kurang baik menjadi lebih baik, merubah dari tidak tahu menjadi tahu. Dengan kata lain mendidik adalah merubah kearah yang lebih baik.
Islam adalah agama yang mengatur umatnya dari berbagai aspek kehidupan, termasuk bagaimana cara mendidik anak. Walaupun saya seorang yang masih lajang, akan tetapi perlu kiranya saya mempelajari bagaimana cara mendidik anak, apalagi latar belakang pendidikan saya adalah dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan yang tak lepas dari dunia pendidikan.

Dari artikel yang saya baca di chirpsttory.com, ada empat tahap mendidik anak ala Rasulullah. Rasulullah membagi fase pendidikan anak menjadi empat tahapan. Pertama, untuk anak usia 0-6 tahun, jadikan anak layaknya seorang raja. Didiklah anak dengan penuh kasih sayang, gurauan dan kecerian, tanpa bentakan apalagi pukulan. Menjadikan anak layaknya raja berarti mengatur makanannya, dan apa-apa yang masuk ke dalam dirinya.
 Kedua, usia anak 7-14 tahun, jadikan mereka  sebagai murid, didiklah dengan penuh kasih sayang, namun beri mereka tanggung jawab, terutama ibadah. Ketiga, untuk anak usia 15-21 tahun, jadikan mereka sebagai sahabat, bertukar pendapat dan menghormati keputusannya selama tidak menentang syari’at. Keempat, untu anak usia 22 tahun ke atas, ia adalah orang dewasa, hargai setiap pendapat dan pilihan hidupnya, jadilah penasihat yang baik bagi mereka bukan pengatur hidup mereka.

Itulah tahapan mendidik ala Rasulullah, beliau membagi ke dalam empat fase cara mendidik berdasarkan usia anak. Dalam ilmu pendidikan pun dipelajari tetang perkembangan peserta didik, dalam hal ini dipelajari bagaimana mendidik anak menurut perkembangan baik perkembangan primer dan sekunder seorang anak. Mengapa ini menjadi penting?, karena karakter dan mental seorang anak dipengaruhi oleh cara mendidik orang tua. Sehingga penting bagi orang tua dan calon orang tua untuk mengetahui bagaimana cara mendidik anak yang baik yang diajarkan oleh Rasulullah. 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar