Rabu, 27 November 2013

123 TULISAN SOFTSKILL "TIPS CARA MEMBUAT TEMPE DARI KEDELAI"

Tips Cara Membuat Tempe Dari Kedelai

Cara Membuat Tempe Kedelai
Picture by Google

Tips Cara Membuat Tempe Dari Kedelai, tempe merupakan salah satu olahan dari kedelai. Nah, pada artikel yang sedang anda baca ini saya akan berbagi informasi mengenai cara membuat tempe kedelai agar kita bisa berkreasi sendiri dalam membuat tempe. Semoga melalui artikel ini dapat menginspirasi kita mengenai berbagai macam pangan olahan dari kedelai.

Tempe merupakan makanan sederhana yang kaya manfaat. Namun karena kebanyakan dari kita menganggap tempe sebagai makanan sederhana maka kita sering menganggap remeh makanan olahan kedelai yang satu ini. Untuk itu, ada baiknya anda baca dulu manfaat kedelai pada salah satu artikel saya yang membahas manfaat kedelai. Di artikel tersebut terdapat berbagai informasi mengenai manfaat kedelai yang cukup lengkap.

Untuk membuat tempe sebenarnya sangat mudah. Hanya saja selama ini kita tidak mengetahuinya sehingga kita sering menganggap sulit langkah membuat tempe. Nah, untuk membantu sobat sekalian mempelajari cara membuat tempe, ada baiknya anda baca langkah-langkah cara membuat tempe berikut ini.

Cara Membuat Tempe Dari Kedelai

1. Siapkanlah 1 kg kedelai yang siap pakai untuk diolah menjadi tempe.

2. Siapkan juga ragi tempe sebanyak 2 gram.

3. Cucilah kedelai dengan air bersih mengalir sampai bersih

4. Lalu rendamlah selama 1x24 jam. Hal ini bertujuan untuk melunakkan kedelai. dan juga agar mudah melepas kulit ari dari kedelai

5. Setelah waktu perendaman selesai, cucilah kembali kedelai dengan air bersih.

6. Sambil mencuci kedelai, remas-remaslah kedelai untuk melepaskan kedelai dari kulit arinya. Kemudian cuci kembali sampai bersih.

7. Selanjutnya rebuslah kedelai dengan air secukupnya sampai mendidih kurang lebih selama 30 menit.

8. Berikutnya buanglah air rebusan, setelah air rebusan habis, letakkan kembali kedelai yang ada di panci ke atas kompor sambil diaduk-aduk. Hal ini bertujuan untuk mengeringkan kedelai. Jangan terlalu lama melakukan hal ini karena kedelai mudah gosong.

9. Selanjutnya tiriskan kedelai pada tempat yang memiliki permukaan lebar. Hal ini bertujuan agar kedelai mudah kering.

10. Setelah kedelai dingin, taburkanlah 2 gram ragi tempe dan aduk hingga rata.

11. Selanjutnya siapkan plastik untuk wadah tempe sesuai selera, lalu masukkanlah kedelai yang telah di campur ragi ke dalam plastik sampai mencapai ketebalan 2-3 cm.

12. Berikutnya tutuplah atau rapatkanlah ujung plastik dengan menggunakan lilin atau menggunakan laminating.

13. Selanjutnya lakukanlah tusukan-tusukan pada kedua sisi plastik yang berisi kedelai sebanyak 8-10 tusukan tiap sisinya yang bertujuan untuk memberikan lubang udara pada plastik berisi kedelai.

14. Berikutnya simpanlah kedelai di dalam lemari selama 2x24 jam.

15. Setelah 2 hari tempepun telah jadi dan siap digunakan.

Nah sobat sekalian, itulah beberapa langkah dalam membuat tempe kedelai. 



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar