PERENCANAAN KOMUNIKASI PEMASARAN
PERENCANAAN KOMUNIKASI PEMASARAN
Ada delapan arah dari perencanaan:
Perencanaan mungkin lebih penting dari seluruh dokumen yang kita miliki.
1. Perencanaan
yang tepat adalah dengan menggambarkan segmentasi pasar kita, karakter
konsumen, produk atau jasa yang dimiliki, peta kekuatan perusahaan
saingan kita. Dimana semuanya harus kita pahami dengan baik.
2. Perencanaan merupakan sebuah hasil dari analisis dan perhitungan atas ukuran pasar yang potensial
3. Perencanaan membantu kita dalam melakukan strategi efisien pengalokasian dana dan sumber daya yang ada.
4. Dalam
perencanaan ini kita harus memiliki fokus dari arah bisnis perusahaan,
acuan, dan arah iklan yang efektif guna mendukung fokus bisnis.
5. keberhasilan
perencanaan yang kita susun akan menentukan posisi perusahaan dalam
pasar, menentukan dimana letak perusahaan di peta persaingan bisnis.
6. Perencanaan yang dibuat akan menolong konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian, mengatur pengalokasian dana.
7. Perencanaan
dapat diartikan sebagai suatu strategi komunikasi menyeluruh yang akan
membantu kita dalam menentukan sejumlah strategi dan kebijakan secara
jelas, mendalam, serta membantu
PERENCANAAN KOMUNIKASI PEMASARAN
Pengembangan dan perencanaan kegiatan
Agar Komunikasi pemasaran efektif, perlu dipertimbangkan:
1. Penetapan tujuan dan respon komunikasi
Tujuan komunikasi:
Menyebarkan informasi
Mempengaruhi khalayak dalam hal pembelian
Mengingatkan khalayak pada produk sehingga ada pembelian ulang
Respon Komunikasi:
Kognitif
Afeksi
Konatif
Tujuan komunikasi dan respon audience berkaitan dengan tahap ini:
Menyadari produk yang ditawarkan (awareness)
Menyukai (interest)
Mencoba (Trial)
Mengambil tindakan (act)
Tindak lanjut (Follow up)
2. Penentuan sasaran komunikasi (targert audience)
1. Pribadi
2. Organisasi
3. Masyarajat umum, yang berperan sebagai:
pemberi informasi
pengaruh
pengambil keputusan
pelaku pembeli
pemakai produk
3. Rancangan pesan dan media komunikasi
Ciri
pesan yang ada dalam komunikasi pemasaran: Menarik dan membangun
kesadaran, mampu membangkitkan minat, dapat mempengaruhi pembelian,
melekat di benak khalayak. Unsure-unusr pesan:
Isi pesan
struktur pesan
format atau teknis pesan
sumber/ komunikator/ endoser/ juru bicara
Isi
pesan bisa bersifat : rasional (teknik-deskriptif), emosional
(dramatis, tragedy, komedi), moral (etika, tanggungjawab moral,
keagamaan)
4. Pengembangan mix promotion
Berkaitan dengan media, iklan, dan materi promosi
---- Baca bauran Prmosi (mata kuliah sebelumnya)
5. Penyusunan anggaran
Pendekatan perhitungan anggaran:
Subyektif perusahaan, ditentukan berdasarkan pengalaman maupun pertimbangan subyektif manajemen
Persentase
penjualan lalu, dasar penentuan anggaran ini lebih ditekankan pada
kemampuan perusahaan menyediakan dana dan ditentukan dari tingkat
penjualan yang dicapai diperiode sebelumnya.
Persentase
penjualan yang akan datang. Perusahaan beranggapan bahwa tingkat
penjualan di masa depan dapat dikendalikan dari anggaran promosi Ada
keyakinan dimana anggaran promosi yang baik dan efektif akan berpengaruh
pada penjualan.
Cadangan per unit Biaya yang diambil dari penjualan per unit
Pertimbangan strategi pesaing
6. Evaluasi dan pengendalian komunikasi
Setelah
semuanya dijalankan, tahapan selanjutnya adalah evaluasi, Tujuannya
sebaai pengendalian dan cermin kegiatan di masa depan.
dalam
penentuan sinyal komunikasi yang tepat kepada konsumen, karyawan dan
pegawai perusahaan, para investor, serta mitra bisnis perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar